Pengertian dan Tugas dari Sumber Daya manusia Adalah - Melek Payroll

Pengertian dan Tugas dari Sumber Daya manusia Adalah

 aplikasi-payroll

Sumber daya manusia adalah salah satu komponen utama yang menjadi tulang punggung di balik eksistensi sebuah organisasi. Dalam lingkup perusahaan, keberadaan mereka diasosiasikan sebagai tenaga kerja yang mengemban jabatan tertentu.

Istilah tersebut kemudian disingkat sebagai HR (human resources) tersebut baru dikembangkan secara profesional sejak abad ke-20. Di mana hal tersebut bertujuan untuk mengatasi kesalahpahaman hubungan kerja antara karyawan dengan atasan.

Hingga saat ini, SDM merupakan kunci utama untuk meningkatkan kapasitas perusahaan untuk menghadapi persaingan bisnis.  Terutama untuk memenuhi permintaan pasar yang lebih besar, sehingga membutuhkan tenaga kerja berkualitas serta berintegritas.

Sumber daya manusia
Business situation, job interview concept. Confident businessman in a job interview with a corporate personnel manager.

Arti dan Manfaat Secara Umum dari Sumber Daya Manusia Adalah

Arti SDM sendiri sangat luas karena dipahami berdasarkan ruang lingkup dan sudut pandang yang digunakan. Bisa dilihat pada lingkup perusahaan, organisasi tertentu, hingga tataran lebih luas seperti sebuah negara misalnya.

Sebuah divisi yang menjadi roda penggerak untuk bagi bisnis perusahaan

Dalam lingkup perusahaan, SDM adalah divisi yang bertugas menemukan, menyaring, merekrut, dan melatih pelamar kerja, dan kegiatan sejenisnya. Tugas di atas merupakan gambaran secara umum dan bisa berubah sesuai kebijakan.

Selain itu, tanggung jawab lainnya adalah memberikan kompensasi atau tunjangan, sesuai dengan undang-undang atau ketentuan perusahaan. Seiring dengan semakin kompleksnya kebutuhan, banyak perusahaan yang mengalihkan tugas tersebut kepada pihak ketiga.

SDM dalam lingkup negara

Jika dilihat dalam lingkup yang lebih luas seperti negara, sumber daya manusia adalah jumlah masyarakat yang ada di dalamnya. Terutama mereka yang digolongkan dalam usia produktif atau sebagai angkatan kerja.

Pengertian SDM di atas juga bisa digolongkan secara makro karena ruang lingkupnya sangat besar dan luas. Sedangkan untuk SDM di perusahaan dan sejenisnya disebut mikro, dengan tugas sebatas pekerjaan internal.

Manfaat SDM di dalam sebuah perusahaan

Keberadaan SDM sangat penting bagi perusahaan karena mampu membantu performa dari sisi kinerja. Mereka mampu melakukan hal-hal yang lebih strategis secara efisien, sehingga memudahkan pekerjaan seperti administrasi dan hal-hal sejenis.

Manfaat lainnya yang tidak kalah penting adalah meningkatkan pengalaman para karyawan selama mereka bekerja. Untuk mewujudkan performa semacam ini, manajemen biasanya menggunakan bantuan seperti software HR dengan beberapa fitur-fitur khusus.

SDM Menurut Para Ahli

Sumber daya manusia adalah sebuah hal yang berhubungan erat dengan kinerja sebuah di organisasi, lembaga, maupun perusahaan. Meski demikian, beberapa ahli memiliki definisinya masing-masing ketika menyimpulkan arti dari SDM tersebut.

Menurut Flippo, Robbins dan Decenzo

Menurut Flippo, SDM adalah “perencanaan, pengorganisasian, pengarahan serta pengendalian pengadaan. Termasuk juga pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, hingga pemisahan SDM sampai tujuan dari individu, organisasi maupun masyarakat bisa tercapai secara efektif”.

Sedangkan bagi Robbins dan Decenzo, HR merupakan seuiah proses untuk memperoleh, mempertahankan, mengembangkan, mengakhiri, serta menggunakan kekuatan berupa sumber daya manusia dalam suatu kelompok seperti organisasi, lembaga, perusahaan, dan sejenisnya”.

Menurut John Storey serta Pigors and Myers

Kalau Menurut Jhon Storey, sumber daya manusia adalah pendekatan khas bagi manajemen pekerjaan yang berusaha untuk mencapai keunggulan kompetitif melalui penyebaran strategis dari tenaga kerja, yang memiliki komitmen tinggi untuk menyelesaikannya.

Sedangkan Menurut Pigors and Myers, “SDM Pada dasarnya adalah suatu cara untuk mengembangkan potensi karyawan, sehingga mereka merasakan kepuasan maksimal dari pekerjaannya sendiri, agar mampu memberikan upaya terbaik mereka untuk organisasi”.

Menurut Graham serta Milkovich dan Boudreau

Kalau Menurut Graham, sumber daya manusia adalah untuk memastikan bahwa karyawan suatu organisasi digunakan sedemikian rupa sehingga pemberi kerja memperoleh manfaat yang besar. Di mana karyawan memperoleh imbalan materi dan psikologis,

Sedangkan menurut Milkovich dan Boudreau, SDM adalah serangkaian keputusan yang mempengaruhi hubungan antara karyawan dan majikan. Di mana itu mempengaruhi banyak konstituen dan dimaksudkan untuk mempengaruhi efektivitas karyawan dan majikan.

Tugas HR dalam Lingkup Perusahaan

Salah satu aspek terpenting dalam pengelolaan sumber daya manusia adalah melihat tugas-tugas utama dari sebuah HR. Beberapa di antaranya seperti merencanakan tugas (planning), melaksanakan proses rekrutmen, serta mengelola sistem penggajian

Merencanakan tugas-tugas terkait dengan lingkup HR

Departemen HR bertanggung jawab untuk menetapkan rencana mengenai masa depan perusahaan beserta tenaga kerja di dalamnya. Mereka harus menilai tujuan utama perusahaan kemudia menentukan strategi tenaga kerja yang membantu mencapainya.

Sebagai contoh, mereka dapat meningkatkan perekrutan untuk memenuhi tujuan produksi. Bisa juga dengan cara mempekerjakan pegawai dengan keahlian khusus untuk menyelesaikan proyek atau inisiatif tertentu, yang membutuhkan kinerja secara profesional.

Melaksanakan proses rekrutmen calon pegawai baru

Tugas HR berikutnya dalam lingkup sumber daya manusia adalah melaksanakan proses rekrutmen calon pegawai baru. Mereka mungkin bekerja dengan manajer untuk mengembangkan tujuan rekrutmen serta mengidentifikasi kemampuan kandidat yang dibutuhkan.

Para profesional ini bisa membantu membuat dan memposting lowongan pekerjaan, menemukan kandidat yang memenuhi syarat, hingga melakukan proses penyaringan awal. Pihak HR juga bisa mencari talenta secara online maupun offline.

Baca juga tips berikut : Seputar bisnis, pajak, digital marketing

Mengelola sistem penggajian, kompensasi, dan sejenisnya

Lingkup tugas divisi sumber daya manusia adalah memudahkan jalannya sistem internal agar mudah dilakukan secara efektif. Beberapa di antaranya adalah mengelola sistem penggajian, memberikan kompensasi ketika waktunya tiba, dan semacamnya.

Setelah dipekerjakan, departemen SDM akan menambahkan karyawan ke dalam sistem penggajian. Mereka bertanggung jawab, membantu mengelola, mengawasi kompensasi dan tunjangan untuk memastikan bahwa karyawan digaji segera sesuai dengan jadwal pembayaran.

Dalam sebuah manajemen di organisasi, lembaga, maupun perusahaan, SDM memiliki peranan penting yang menggerakkan sistem internal. Oleh sebab itu, eksistensi sumber daya manusia dalam bentuk divisi maupun individu sangat dibutuhkan. Kegiatan audit memang sangat dibutuhkan oleh korporasi jika ingin berkembang secara signifikan. Selain mengasah SDM internal seperti karyawan, jasa auditor profesional juga dibutuhkan untuk melakukan proses screening adalah yang akun tabel.

0 Response to "Pengertian dan Tugas dari Sumber Daya manusia Adalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel