Payroll – SDM dan Perspektif Pengembangan Diri dalam Perusahaan - Melek Payroll

Payroll – SDM dan Perspektif Pengembangan Diri dalam Perusahaan

 

Setiap manusia pasti membutuhkan   yang namanya konsep  pengembangan diri. Dimana salah satu cara yang  bisa di lakukan dengan mengembangkan diri dalam perspektif karir di dalam satu perusahaan. Itulah yang menjadi acuan seseorang dalam bekerja,  berharap adanya peningkatan karir  dalam berbisnisnya. Sehingga hubungan antara SDM dan karir dalam perusahaan menjadi penting.

Proses pengembangan diri seseorang memang berbeda-beda, dimana kesemua hal itu didasarkan pada satu kondisi bahwa sejatinya manusia hidup itu perlu  yang namanya pengembangan diri dan karir. Terlebih kita yang saat ini sedang berada dalam satu perusahaan, jelas masalah pengembangan karir menjadi salah satu dasar yang membuat kita  terus bertahan dalam satu perusahaan.

Menyangkut pengembangan diri dan karir dari sumber daya manusia yang ada dalam satu perusahaan. Maka yang namanya tahapan pengembangan karir menjadi titik fokus dari kita yang mengharapkan adanya satu perubahan yang bersifat pasti. Kenapa demikian,  karena dengan terjaminnya proses peningkatan karir yang terjadi pada diri seseorang karyawan. Akan membuat dirinya semakin yakin  bahwa di perusahaan tersebut yang bersangkutan akan bisa bertahan dalam kurun waktu yang cukup lama.

Ada beberapa hal penting dan  bermanfaat  bagi Sumber daya manusia atau karyawan yang berada dalam satu perusahaan ketika tahapan karir yang di jalaninya jelas. Karena hal itu tidak saja bermanfaat bagi dirinya tetapi juga bagi perusahaan yang bersangkutan.

  1. yang bersangkutan akan semakin loyal dengan perusahaan karena dirinya berharap adanya peningkatan karirnya di perusahaan tersebut.
  2. SDM yang bersangkutan akan dengan suka rela meningkatkan kemampuan dirinya dalam bidang yang saat ini di tekuninya. Karena berharap bahwa perjuangannya dari awal masuk hingga saat ini akan mendapatkan penghargaan dan apresiasi dengan adanya peningkatan karir bagi dirinya.
  3. Sedangkan  bagi perusahaan itu sendiri, dengan adanya SDM yang loyal  maka perusahaan akan semakin tenang dalam  menjalankan program kerjanya karena perusahaan di dukung oleh SDM yang loyal.
  4. Perusahaan akan lebih siap dalam menghadapi persaingan  bisnis, karena perusahaan didukung oleh team dan SDM yang tahu  bagaimana bersikap dalam perusahaan.

5 Tahapan SDM dalam Perspektif Pengembangan Karir dalam Bisnis

Sebagai acuan bagi kita yang saat ini sedang bekerja dalam sebuah perusahaan bisnis, setidaknya ada 5 tahapan yang bisa di lalui oleh SDM dalam mengembangkan karirnya di dalam sebuah perusahaan seperti berikut :

Tahapan SDM Eksploration

Pada tahapan ini berada pada usia produktif 21-25 tahun adalah masa atau usia yang tepat dalam melakukan tahapan jenis ini.  Jadi bagi SDM yang saat ini masih dalam tahapan usia tersebut adalah masanya tahapan yang berhubungan dengan masa  pengembangan karir di era eksploration.

Tahapan SDM Establishment

Pada tahapan ini SDM yang bisa masuk dalam kategori ini adalah mereka yang berada di usia 25-35 tahun. Dalam  masa usia ini seseorang akan berada dalam tahapan karir yang masuk dalam kategori era establishment.

Tahapan Mid – Career

Pada tahapan usia produktif SDM yang berada di sebuah perusahaan bisnis biasanya berada di kisaran usia 35-45 tahun. Dimana dalam usia produktif seperti ini SDM yang bersangkutan akan masuk dalam kategori era Mid Career.

Tahapan SDM Late Career

Pada tahapan usia produktif SDM yang ada dalam satu perusahaan biasanya berada di kisaran usia 45-55 tahun. Dengan kondisi usianya yang berada dalam usia kategori Late Career maka proses karir yang di inginkan sudah masuk dalam tahapan karir puncak.

Tahapan Decline

Pada tahapan usia SDM dalam sebuah perusahaan berada di kisaran angka usia SDM 55-65 tahun. Dengan kisaran umur tersebut maka seorang SDM akan masuk dalam kategori Decline .

Dalam kaitan peningkatan karir seorang SDM dalam perusahaan memang tidak saja di tentukan berdasarkan masa kerja. Tetapi ada juga faktor lain yang mempengaruhi seseorang dalam pengembangan karirnya. Yang bisa menjadi acuan  bagi SDM yang saat ini masih berada di dalam satu perusahaan  bisnis.  Ada 5 faktor yang bisa menjadi catatan bagi kalian yang saat ini sedang menjalani karir dalam sebuah perusahaan.  Dimana kelima faktor tersebut terbagi menjadi beberapa faktor dengan penjelasan seperti berikut  :

  1. Faktor pertama yang mempengaruhi seseorang sumber daya manusia dalam pengembangan karirnya di perusahaan adalah  faktor yang berhubungan dengan Kemampuan Manajerial.  Faktor manajerial adalah faktor  yang berhubungan dengan bagaimana SDM yang bersangkutan mampu berkontribusi dalam masalah manajerial perusahaan.
  2. Faktor kedua adalah faktor kemampuan teknik. Faktor ini berhubungan dengan masalah kemampuan sumber daya manusia yang bersangkutan. Dalam perannya untuk menjalankan bidang pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
  3. Faktor ketiga yang juga perlu menjadi pertimbangan bagi seseorang yang sedang meniti karir dalam sebuah perusahaan adalah faktor yang berhubungan dengan masalah keamanan.  Keamanan disini adalah berhubungan dengan seperti apa konteks dan hubungan sumber daya manusia yang bersangkutan dengan masalah keamanan  bagi perusahaan. Jangan sampai ketika yang bersangkutan diangkat justru kondisi keamanan perusahaan menjadi terganggu.
  4. Faktor keempat untuk meningkat karirnya adalah masalah yang berhubungan dengan masalah kreatifitas.  Dimana peran kreativitas memang menjadi salah satu dasar untuk perusahaan meningkatkan karir yang bersangkutan.
  5. Faktor kelima untuk meningkatkan karirnya adalah masalah yang berhubungan dengan masalah otonomi kebebasan.  Dimana masalah atau faktor ini juga menjadi pertimbangan bagi perusahaan sebelum menentukan kenaikan karir dari seorang karyawan.

Dapatkah informasi mengenai FR Consultant Indonesia dengan mengakses websiteInstagram, dan tiktok kami. Untuk informasi lainnya tentang dunia Bisnis dan Digital Marketing, Keuangan beserta Perpajakan

0 Response to "Payroll – SDM dan Perspektif Pengembangan Diri dalam Perusahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel