Manajemen adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, serta Karakteristik. - Melek Payroll

Manajemen adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, serta Karakteristik.

 

Pada umumnya, manajemen adalah suatu hal yang dipergunakan banyak orang baik itu dunia bisnis maupun organisasi. Manajemen juga sudah banyak diterapkan disemua perusahaan. Tujuan manajemen tersebut tak lain adalah untuk menilai serta melaksanakan perencanaan yang sudah dibuatkan konsepnya agar dalam perjalanannya bisa sesuai dengan apa yang perusahaan arahkan. Selain itu, juga  bertujuan untuk melakukan pembaruan pada fungsi perencanaan khususnya untuk strategi pelaksanaannya. Maka dari itu, butuh pemahaman yang dalam terkait apa itu manajemen agar dapat meningkatkan kemampuan dalam hal tata kelola perusahaan.

manajemen adalah


Pengertian Manajemen.

Saat pertama kali memasuki dunia bisnis, yang perlu diketahui ialah apa itu manajemen.dengan mempunyai pemahaman dan pengetahuan yang baik, maka bukan tak mungkin bisnis yang dijalankan jauh lebih siap dan lebih matang.Seperti yang sudah diketahui, manajemen adalah suatu proses yang dimana dilakukan oleh seseorang dalam menyiapkan kegiatan yang dikerjakan baik itu individu maupun secara kelompok. Adanya manajemen ini wajib dilakukan agar dapat mencapai target yang sudah ditentukan dengan cara bekerjasama serta memaksimalkan segala sumber daya yang sudah ada.

Jenis-Jenis Manajemen.

Dalam melakukan perencanaan atau tidak hanya sebatas pemahaman yang diketahui tetapi ada beberapa jenis –jensi dari manajemen yang wajib untuk diketahui.diantaranya adalah:

  • Manajemen Strategik.

Merupakan suatu proses yang dimana bisa membantu perusahaan dalam melakukan identifikasi terhadap apa yang ingin diraih serta bagaimana seharusnya agar mendapatkan hasil yang baik. Manajemen strategic juga memiliki sejumlah fungsi antara lain adalah menyusun perencanaan yang strategis, membuat keputusan yang strategic, melakukan peninjauan strategis,

Pada intinya, perencanaan strategic atau strategi manajemen adalah segala serangkaian keputusan serta tindakan yang mendasar buatan  manajemen yang tertinggi kemudian diaplikasikan oleh seluruh anggota dari suatu organisasi agar tujan organisasinya dapat terwujud.

Berikutnya adalah manajemen pemasaran. Jenis manajemen ini adalah dimana suatu aktifitas perencanaan, pengawasan serta evaluasi  yang berkaitan  dengan promosi produk barang atau jasa kepada calon konsumen. Adanya jenis manajemen ini agar masyarakat dapat mengenal produk yang akan dipromosikan sebelum dipasarkan dan berharap agar tertarik untuk membeli produknya.

Apabila tidak memiliki manajemen yang baik, maka akan membuat kegiatan penjualan juga menjadi tidak baik. karena pihak perusahaan juga mustahil bisa memasarkan satu produkpun apabila customer atau konsumen tidak ada yang tahu akan produk yang dijualnya.

  • Manajemen Operasional.

Manajemen operasional ialah suatu progress yang efektif dan berkesinambungan dalam menggunakan semua fungsi perencanaan agar dapat mengintegrasikan berbagai macam sumber daya dengan efisien agar tujuan perusahaan bisa terwujud. Tujuan  adanya opersional manajemen adalah agar bisa menaikan efisiensi perusahaan, meminimalisir cost pengeluaran, meminimalisir waktu pada proses produksi.

Dalam jenis manajemen ini ada juga beberapa cirinya. Diantaranya adalah memiliki kegiatan dalam proses tranformasi, terdapat pengendalian operasional. Dan yang terakhir adalah manajemen operasional ini mempunyai bebagai fungsi, antara lain untuk manajemen, mengontrol, untuk struktur pengorganisasian.

  • Manajemen keuangan.

Pada jenis manajemen ini adalah suatu kegiatan mengelola, menyimpan, merencanakan dan mengendalikan dana dari suatu perusahaan. Tujuan dari perencanaan keuangan ini asset kas perusahaan dapat terjaga, keuangan perusahaan dapat dimaksimalkan, efiensi dapat ditingkatkan , meminimalisir risiko operasional, meminimalisir cost modal. Selain tujuan , manajemen keuangan ini juga memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah, merencanakan, menganggarkan, memeriksa dan melaporkan. Terdapat pula sejumlah prinsip manajemen keuangan yang wajib untuk perusahaan terapkan.

  • Akuntabilitas.

Akuntabilitas merupakan suatu keharusan hokum dan juga moral yang ada didala suatu perusahaan.

  • Konsistensi.

Konsistensi meupakan prinsip berikutnya yang harus dilakukan dalam system keuangan. Meski begitu, prinsip ini diterapkan bukan berarti mengubah system yang sudah ada.

  • Transparansi.

Transparan serta terbuka merupakan prinsip manajemen keuangan berikutnya yang harus dilakukan perusahaan. Pihak perusahaan juga wajib menyediakan info terkait dengan aktivitas keuangannya yang akurat serta lengkap.

  • Standar Akuntansi.

Dalam membuat laporan keuangan juga harus sesuai dengan prinsip atau standar akuntansi yang berlaku umum . tidak hanya untuk perusahaan, standar akuntansi ini juga untuk seluruh profesi akuntan yang memahami prinsip akuntansi yang sama.

  • Pengelolaan.

Pihak perusahaan juga wajib dapat mengelola anggaran atau keuangan perusahaan secara tepat. Selain itu, wajib memberikan jaminan bahwa dana yang sudah dikeluarkan bisa digunakan dengan apa yang  dituju dan direncanakan.

  • Manajemen SDM (sumber daya manusia).

Jenis manajemen ini dimana bertanggung jawab atas aktifitas rekrutmen, training, serta pengembangan SDM. Adanya SDM ini menjadi peran penting didalam pembentukan dan pengawasan dari organisasi. Ada beberapa manfaat terkait dengan manajemen SDM diantaranya adalah meingkatkan citra perusahaan, meningkatkan kepuasan pegawai, serta dapat memecahkan masalah. Dengan manajemen ini, pihak karyawan akan mesasa diperhatikan serta merasa nyaman dalam menjalankan pekerjaannya.

  • Manajemen proyek.

Maksud dari manajemen proyek ini adalah sebuah upaya agar meraih tujuan dengan segala sumber daaya efisien. Tujuan adanya manajemen proyek ini adalah agar proyek bisa selesai tepat waktu, kualitas terjaga, proyek lancar. Ruang lingkup manajemen ini meliputi awal proyek dimulai, manajemen lingkup proyek, verifikasi project serta mengontrol proyek yang berjalan.

Fungsi dari Manajemen.

Selain jenis terdapat beberapa fungsi dari manajemen yang harus diketahui oleh perusahaan. Berikut fungsi-fungsinya:

Perencanaan.

Perencanaan atau manajemen adalah suatu proses lanjutan agar dapat mengambil keputusan wirausaha saat ini dengan cara sistematis serta pengetahuan yang baik

Pengorganisasian.

Organisasi juga butuh struktur formal serta arah otoritas tersebut lewat dimana subdivisi pekerjaan didefinisikan.

Menetapkan staff.

Penetapan staf merupakan suatu fungsi manajemen untuk merekrut serta mempertahankan pekerja yang cocok dengan kriteria perusahaan.

Karakteristik pada Manajemen.

Didalam manajemen juga memiliki karateristik. Karateristik manajemen juga perlu dipahami oleh  perusahaan agar dapat mengetahui apa saja karakteristik.

1. sifat yang universal.

2. Orientasi kepada tujuan.

3. Proses yang berkelanjutan

4. fungsi dinamis.

5. kekuatan  tak terlihat.

Itulah ulasan mengenai manajemen adalah, diharapkan adanya pembahasan ini supaya dapat memahami apa itu manajemen, jenis manajemen, tujuan serta karateristik. Pada intinya, manajemen adalah suatu  hal yang sifatnya merencanakan sebuah kegiatan demi tercapainya tujuan  yang sudah ditetapkan.

Baca juga tips berikut : Seputar bisnis, pajak, digital marketing

0 Response to "Manajemen adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, serta Karakteristik."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel