Gaji Administrasi Keuangan, Ini Cara Cetak Slip Gajinya Dari Sistem - Melek Payroll

Gaji Administrasi Keuangan, Ini Cara Cetak Slip Gajinya Dari Sistem

 

Slip gaji administrasi keuangan sekarang ini bisa dengan mudah dibuat menggunakan software. Banyak perusahaan, terutama skala besar sudah beralih dari pengelolaan gaji karyawan sistem manual ke otomatis melalui software.

Mulai dari pembukuan mengenai gaji, pendistribusian serta percetakan slip. Menariknya, saat memakai software, detail rincian mengenai upah tercatat secara rapi pada slip sebagai bukti bahwa perusahaan sudah menjalankan kewajibannya membayarkan kepada karyawan.

gaji-administrasi-keuangan

Tentunya sesuai kesepakatan perjanjian, baik itu terkait nominal atau jadwal pemberian upah. Untuk mengetahui fungsi pembukuan upah karyawan administrasi beserta manfaat slip pada software bagi pengelola perusahaan, bisa kamu simak pada uraian berikut.

Fungsi Pembukuan Gaji Karyawan Administrasi Memakai Software

Di dalam pembukuan akuntansi, isinya bukan hanya pemasukan serta pengeluaran saja. Melalui pembukuan ini, kamu bisa mengecek tingkat akurasi pemberian gaji administrasi keuangan pada setiap periode.

Kamu bisa memastikan bahwa gaji yang diterima oleh setiap karyawan sudah sesuai dengan seharusnya melalui pembukuan tepat. Apalagi untuk karyawan yang memiliki hak untuk mendapatkan bukan hanya upah pokok saja.

Seperti bonus, tunjangan, upah lembur dan lain-lain. Pembukuan dan pemberian gaji yang baik bukan hanya berdampak terhadap kredibilitas perusahaan saja. Tapi juga memberikan kepuasan terhadap karyawan karena mendapatkan hak sesuai yang seharusnya.

Selain itu juga menghindari gaji administrasi keuangan kelebihan dan kurang. Ketika menggunakan software, hal seperti ini bisa diminimalisir. Berbeda ketika kamu memakai metode pembukuan manual, lebih rentan mengalami kesalahan input atau penghitungan.

Metode manual juga membutuhkan lebih banyak waktu dalam penghitungan gaji. Belum lagi bila harus ditambah dengan pembayaran pajak penghasilan PPh 21, iuran BPJS kesehatan atau lainnya yang perlu dilampirkan.

Sedangkan melalui software, penghitungan sudah dilakukan oleh sistem, sehingga waktu yang kamu perlukan dalam proses ini lebih minim. Efisiensi waktu serta tenaga tentu penting dijadikan pertimbangan dalam pembukuan.

Beberapa Manfaat Slip Gaji Administrasi Keuangan pada Software

Pemberian gaji untuk administrasi keuangan, tidak terlepas dari yang namanya slip. Karyawan memiliki hak untuk menerimanya pada setiap bulan saat menerima gaji. Bagi karyawan, slip gaji berfungsi sebagai salah satu dokumen yang biasanya perlu dilampirkan saat mengajukan kredit ke bank.

Jadi, bukan sekadar bukti pembayaran saja. Pada situasi tertentu, slip gaji administrasi keuangan diperlukan, termasuk bagi pengelola perusahaan. Ada beberapa manfaat slip ini bagi pengelola perusahaan, antara lain:

Alokasi Anggaran Gaji

Dalam menjalankan bisnis, baik itu skala kecil maupun besar tentu diperlukan alokasi anggaran gaji yang cenderung berubah-ubah, tergantung situasi. Slip gaji merupakan salah satu pedoman yang dipakai untuk membuat alokasi anggaran mengenai upah.

Jadi, melalui slip yang sudah pernah dibuat sebelumnya, kamu bisa mempertimbangkan patokan gaji administrasi keuangan untuk ke depan. Terutama bila perusahaan akan memberikan kenaikan upah dalam periode waktu tertentu.

Baca tautan berikut ini : Mengapa Nama Brand Itu Penting Untuk Bisnis Anda?

Bukti Transparansi serta Kredibilitas Perusahaan

Manfaat selanjutnya yaitu sebagai bukti bahwa perusahaan memiliki kredibilitas, terutama mengenai pengelolaan administrasi keuangan. Bukan hanya itu, slip ini juga sebagai bukti bahwa perusahaan mengutamakan transparansi kepada karyawannya.

Jadi, ketika ada permasalahan terkait data tidak sesuai, bisa segera dilaporkan kepada pihak yang memiliki kewenangan mengurusinya. Menggunakan software memang minim mengalami kesalahan, tapi kemungkinan itu mungkin saja terjadi.

Dijadikan Bahan Pertimbangan Bidang Keuangan

Slip gaji administrasi keuangan pada software bagi perusahaan juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan. Terutama yang berhubungan dengan bidang keuangan, seperti besar upah pokok atau tunjangan.

Besarnya upah yang diberikan kepada karyawan perlu mempertimbangkan berbagai aspek. Disesuaikan dengan jenis pekerjaan, kondisi keuangan perusahaan dan lain-lain. Setiap perusahaan mempunyai sistem pengelolaan serta pemberian upah berbeda-beda.

Untuk lebih memudahkan, pemberian upah sudah banyak yang dilakukan secara digital. Jadi, perusahaan tidak perlu memberikan upah serta slip melalui amplop. Biasanya pemberian upah melalui rekening bank.

Beragam Tips Memilih Software Pembukuan Gaji Online

Produk software pembukuan online semakin marak ditemukan. Pastikan software yang kamu pilih sudah memenuhi kebutuhan, apalagi untuk mengelola gaji administrasi keuangan. Beragam tips memilihnya antara lain:

Adanya Layanan Pelanggan

Tips pertama, kamu perlu mempertimbangkan ada tidaknya layanan pelanggan. Dalam penggunaan software tidak selalu berjalan lancar. Terkadang kita akan menemukan kendala yang bisa menghambat pekerjaan.

Terutama saat produk software tersebut mengalami pembaharuan dan kamu masih bingung cara menggunakannya. Bila ternyata ada layanan pelanggan, perhatikan apakah mereka responsif atau tidak.

Mampu Diintegrasikan

Tips kedua, software gaji administrasi keuangan mampu diintegrasikan dengan aplikasi akuntansi yang digunakan oleh perusahaan terkait. Jadi, kamu perlu memahami terlebih dahulu fitur dari software yang akan dipakai.

Karena, tidak semua software memberikan layanan keduanya. Bila keduanya terintegrasi, pekerjaan kamu akan lebih cepat selesai. Sebab, penghitungan akan secara otomatis tanpa harus menginput ulang data.

Tidak hanya efisien waktu tapi juga tenaga. Bahkan kamu tidak perlu pusing memikirkan penghitungan, baik itu pengurangan maupun penambahan. Semuanya akan dilakukan oleh sistem, sehingga hasil pekerjaan lebih akurat.

Tampilan dan Bahasa Sederhana

Tips ketiga, alias terakhir, perhatikan tampilan atau interface software yang akan kamu pilih. Tampilan sederhana dan intuitif akan lebih memudahkan dalam pengaksesan, bagi pemula sekalipun.

Perhatikan juga bahasa yang dipakai. Pilih yang bisa dipahami oleh seluruh pengakses dan pastikan tidak berbelit-belit. Biasanya software yang semakin sederhana, akan semakin profesional. Ingat, sederhana bukan berarti tidak memberikan fitur lengkap.

Jadi, slip gaji sudah terbukti bukan hanya sebagai bukti upah sudah terbayarkan saja. Untuk lebih memudahkan pembuatan, kamu bisa memakai software khusus. Pengelolaan gaji administrasi keuangan beserta slipnya akan lebih efisien diselesaikan melalui software tersebut.

0 Response to "Gaji Administrasi Keuangan, Ini Cara Cetak Slip Gajinya Dari Sistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel