Biar dilirik HRD, Ini Cara Membuat CV yang Unik dan Menarik - Melek Payroll

Biar dilirik HRD, Ini Cara Membuat CV yang Unik dan Menarik

 Daftar Riwayat Hidup atau Curiculum Vitae  adalah sebuah data yang berisikan data diri serta  perjalanan pendidikan dan pekerjaan baik yang masih ditempuh maupu yang sudah ditempuh. Apakah CV itu penting ? Jawabannya, tentu saja penting karena ketika hendak melamar pekerjaan maka data yang dibutuhkan selain ijazah ialah CV.

Meski begitu, masih saja ada yang belum memahami bagaimana Cara Membuat CV . Membuat daftar riwayat hidup  atau CV bisa menggunakan tulisan tangan  tetapi kebanyakan sekarang ini adalah diketik. Diera serba canggih ini,  CV bahkan bisa didesain sedemikian rupa menggunakan Aplikasi khusus untuk membuat dan mendesain sebuah CV sehingga Cara Membuat CV menjadi lebih mudah.

cara -membuat-cv
Cropped view of woman holding pen and filling out application form at table with focus on hand with pen

Ada beberapa cara memnuat cv yang perlu anda ketahui, apa saja itu ? Mari disimak

Menuliskan komponen yang diperlukan di CV.

Didalam cara membuat cv, terdapat beberapa komponen terkait informasi yang perlu ditunjukan. Informasi yang ada dalam cv harus valid karena inilah yang justru dibutuhkan oleh HRD.  Pada umumnya, hal tersebut wajib anda tuliskan pada cv nya agar HRD dapat dengan mudah mengetahui terkait informasi data diri pelamar kerja.

Identitas.

Bagi para pelamar kerja, umumnya hanya menyampaikan terkait nama lengkap serta alamat rumah. Selain itu, informasi terkait usia, tanggal lahir, berat badan jika perusahaan tersebuit menjadikannya sebagai syarat untuk melamar pekerjaan.

Nomor Telepon.

Selain identitas, nomor telepon juga diperlukan untuk menghubungi pelamar apabila lamarannya ditindak lanjuti. Pastikan nomer telepon yang dicantum masih aktif sehingga dapat dengan mudah menghubunginya.

Alamat email pelamar juga dibutuhkan agarpihak HRD  dapat menyampaikan informasi terkait tindak lanjut lamaran pekerjaan yang dilamat. Anda juga dapat mencantumkanlink social media seperti Linkedin, Instagram, Facebook , dan social media lainnya.

Informasi Pendidikan.

Riwayat pendidikan juga diperlukan dalam cara membuat CV. Tujuannya agar hrd dapat mengetahui perjalanan pendidikan yang telah ditempuh. Anda juga diminta menuliskan kegiatan apa saja yang dilakukan selama  menempuh pendidikan. Tak hanya itu, anda dapat menuliskan kursus apa yang pernah diikuti.

Apabila kursus yang pernah  diikuti lebih dari satu maka pilihlah kursus yang relevan sesuai dengan posisi yang anda lamar. Hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan nilai dari cv di kalangan rekruter.

Keahlian.

Anda dapat menuliskan sejumlah keahlian yang dimiliki dan pastikan skill yang dimiliki tersebut sesuai dan relevan dengan posisi yang ingin dilamar. Agar menarik dimata HRD,  biasanya pelamar menggunakan diagram atau metode lainnya untuk menunjukan tingkat level yang dimilikinya.

Work Experience.

Anda bisa menuliskan pengalaman kerja yang pernah dijalani serta berapa lama anda bekerja pada bidang terkait. Usahakan pengalaman kerjanya ini relevan dengan posisi yang dilamar. Apabila ingin melamar posisi Finance dengan tingkat pengalaman tertentu maka tulislah pengalaman dibidang Finance yang sudah pernah dikerjakan.

Informasi lainnya.

Anda juga bisa memasukan sejumlah infrmasi lain  yang dapat dimasukan ke cv agar semakin menarik contohnya: hobi, seminar yang pernah diikuti, prestasi baik selama disekolah maupun ditempat anda bekerja.

Menunjukan keahlian, pengalaman bekerja, pencapaian kerja.

Pada sebuah CV, ada 3 informsasi yang sebenarnya bisa anda tunjukan. 3 informasi itu bisa menjadi tolok ukur perusahaan atas kemampuan bekerjanya. Apabila informasi yang ada dalam CV benar-benar meyakinkan, tentunya pihak HRD tak akan sungkan untuk merekrut anda.

Jika tingkat pengalaman bekerja anda tidak banyak bahkan tak ada sama sekali pengalaman kerjanya, anda juga bisa meningkatkan skill dengan mengikuti kursus atau seminar yang relevan dengan pendidikan terakhir.

Menggunakan Desain CV yang Menarik namun Elegan.

Sebelum melihat isi CV pelamar kerja,  pihak HR akan melihat penampilan dari CV dahulu. Oleh karena itu, pandai mendesain CV menjadi hal yang penting untuk anda ketahui juga.

Perhatikan bahan warnanya, jangan terlalu mencolok. Dan pastikan warna  yang dipakai tetap membuat tulisan didalam cv nya masih terbaca. Perhatikan dalam pemilihan font. Pilihlah font yang elegan nanmun tetap terbaca isi cvnya. Dan jangan lupa agar menunjukan skill, pengalaman bekerja, dan pencapaian kerja.

Membuat CV yang Unik.

Pada zaman yang serba digital ini, cara membuat cv juga dibuat serba canggih seperti saat ini.  Kini telah banyak yang menawarkan jasa layanan membuat desain cv atau bisa membuatnya sendiri melalui aplikasi.

Salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah Canva, aplikasi Canva ialah salah satu platform yang dimana bisa menawarkan berbagai macam desain cv sesuai dengan selera dan keinginan penggunanya. Selain menyediakan desain cv, canva juga bisa dipergunakan untuk mengedit foto dengan desain yang menarik, serta  mendapat contoh desasin portofolio.

Sejumlah CV yang unik nan kreatif, contohnya cv yang beberntuk sebuah video, cv yang dapat menampilkan dala m 1 halaman website.  Cv yang unik seperti ini bisa buat pihak HRD  dapat melirik cvnya.

Selain Aplikasi Canva , ada juga sejumlah platform yang berlomba-lomba  menyediakan desain CV yang menarik, seperti contoh aplikasi dibawah ini:

  • Resume Builder &CV Maker (dari Mobotechnology Inc).
  • CV Maker – Lamaran Kerja(dari Intelligent CV).
  • Pembuat Resume: Pembuat CV (dari InventroApps).
  • CV Bahasa Indonesia. ( dari 23apps.com).

Aplikasi yang ada diatas ini bisa di unduh melalui Google Play Store, dan piliohlah aplikasi pembuat cv sesuai dengan kebutuhan anda.

Itulah pembahasan mengenai Cara Membuat CV , dari ulasan ini diharapkan para pelamar kerja dapat memahami bagaimana cara membuat cv yang unik nan menarik agar dapat dilirik oleh HRD. Tidak disarankan membuat desain CV yang terlalu berlebihan karena akan membuat HRD juga enggan mereview CV anda.

0 Response to "Biar dilirik HRD, Ini Cara Membuat CV yang Unik dan Menarik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel