Berikut Implementasi serta Pengertian SDM dan MSDM Di Perusahaan - Melek Payroll

Berikut Implementasi serta Pengertian SDM dan MSDM Di Perusahaan

 

 Berikut-Implementasi-serta-Pengertian-SDM-dan-MSDM-Di-PerusahaanBerikut Implementasi serta Pengertian SDM dan MSDM Di Perusahaan

 

Berikut Implementasi serta Pengertian SDM dan MSDM Di Perusahaan

Apa pengertian SDM dan MSDM? Manajemen Sumber Daya Manusia atau MSDM adalah salah satu instrumen penting dalam divisi HR di perusahaan manapun.

Sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi sangat dibutuhkan semua perusahaan agar kegiatan operasional mereka dapat berjalan dengan lancar.

Salah satu caranya agar tujuan tersebut dapat tercapai adalah manajemen sumber daya manusia (MSDM). Ketika perusahaan berhasil memiliki manajemen karyawan yang baik, tidak hanya akan berdampak baik pada perusahaan, tetapi juga pada karyawan itu sendiri.

Pengertian MSDM

Secara pengertian, manajemen sumber daya manusia MSDM merupakan usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengelola karyawan mereka.

Ia merupakan sekumpulan proses yang menangani beragam masalah terkait karyawan yang memayungi semua aktivitas di dalam perusahaan untuk mencapai target perusahaan.

MSDM dalam prosesnya fokus pada beberapa kegiatan terkait dengan karyawan, yakni meliputi rekrutmen karyawan, pengelolaan karyawan, hingga mengurus administrasi yang berkaitan dengan karyawan. Untuk dapat menerapkan MSDM, perusahaan memiliki divisi human resource atau HR.

Sehingga, HR lah yang pada akhirnya merangkap segala aspek manajemen sumber daya manusia dengan memberikan berbagai macam fungsi seperti perekrutan, pelatihan, pembinaan, pengawasan, hingga manajemen karyawan

Divisi HR juga bertanggung jawab untuk memastikan sumber daya manusia yang mereka rekrut memahami visi misi perusahaan. Cara ini dilakukan salah satunya pada saat proses onboarding karyawan di mana HR memberikan pemahaman menyeluruh mengenai budaya perusahaan kepada calon karyawan.

Selain itu lewat MSDM, HR memiliki tanggung jawab untuk memastikan karyawan dapat bekerja sebaik-baiknya dengan pemberdayaan karyawan.

Fungsi Diterapkannya MSDM di Perusahaan

Tidak dapat dipungkiri bahwa penerapan MSDM dalam perusahaan memiliki kontribusi yang besar bagi tercapainya tujuan perusahaan. Adanya MSDM dapat membuat kegiatan perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Namun, secara spesifik MSDM memiliki beberapa fungsi di dalam perusahaan. Beberapa fungsi tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pengelolaan Tenaga Kerja

Ini adalah fungsi pertama dari MSDM, yakni mengelola tenaga kerja. HRD memiliki tugas dan peran untuk merekrut calon karyawan berkompeten.

Mereka bertanggung jawab mulai dari proses perencanaan, mempublikasikan lowongan pekerjaan, melakukan interview kerja hingga offering.

2. Evaluasi Kerja

Salah satu fungsi pembinaan dan pengawasan karyawan diberikan dalam bentuk performance review. Selain penting bagi karyawan untuk mengetahui bagaimana kinerja mereka, proses evaluasi kerja juga berguna bagi karyawan untuk menentukan langkah apa yang harus dilakukan agar performa karyawan dapat menjadi semakin baik.

4. Pemberian Kompensasi

MSDM juga berfungsi untuk mengelola pemberian kompensasi karyawan, termasuk di dalamnya gaji, bonus, THR, dan lain sebagainya.

Kompensasi merupakan bentuk penghargaan dari perusahaan terhadap kerja keras karyawan. Pemberian kompensasi yang baik akan membuat karyawan semakin betah, loyal, sehingga berdampak pada perusahaan.

5. Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Salah satu fungsi MSDM yang berguna bagi masa depan karyawan adalah fungsi pelatihan. Setiap karyawan berhak mendapatkan akses pelatihan di tempat ia bekerja.

Selain untuk membuat kinerja mereka semakin maksimal, karyawan diharapkan untuk dapat memberikan solusi terkait berbagai macam masalah yang akan dihadapi perusahaan di kemudian hari.

6. Membangun Hubungan Antar Karyawan

Dalam pengelolaannya, MSDM harus menjaga relasi antara karyawan satu dengan yang lainnya. Karena salah satu kunci agar perusahaan dapat mencapai tujuannya adalah terjalinnya hubungan komunikasi yang baik antar karyawan.

Dengan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, segala macam permasalahan dapat teratasi dengan baik dan meminimalisir terjadinya konflik.

7. Menjamin Keselamatan dan Kesehatan Karyawan

Dalam menjalankan MSDM, perusahaan memiliki kewajiban untuk menjamin keselamatan kerja karyawan serta kesehatan mereka. Ini dapat diberikan oleh perusahaan kepada karyawan berupa asuransi, jaminan-jaminan seperti jaminan pensiun, dan lain sebagainya.

8. Pemecahan Masalah

Salah satu fungsi MSDM yang harus dimiliki HR adalah pemecahan masalah. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam mengelola karyawan cepat atau lambat akan ditemukan masalah. Seorang HR harus mampu menganalisis masalah yang terjadi dan menyediakan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Misalnya saja ketika performa perusahaan sedang kurang baik, HR bisa memiliki beberapa opsi misalnya apakah harus melakukan PHK di beberapa divisi, mengurangi sebagian gaji karyawan, atau mungkin berhenti untuk merekrut karyawan terlebih dahulu guna efisiensi.

Anda mungkin bisa menggunakan software akuntansi untuk membantu mengatasi masalah bisnis anda. Maka segala masalah dan kegagalan dalam bisnis anda dapat teratasi.

Tujuan Diterapkannya MSDM

Penerapan MSDM dalam perusahaan sebetulnya bukan tanpa alasan. Tentunya ketika perusahaan menerapkan manajemen pengelolaan karyawan, ada tujuan tertentu yang hendak mereka capai.

Sebagai panduan untuk Anda menetapkan tujuan MSDM, berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Meningkatkan efektivitas kerja karyawan
  2. Memperbaiki kualitas kerja karyawan di dalam perusahaan sehingga bisa memberikan kontribusi yang lebih baik
  3. Membuat aturan kerja yang berlaku untuk semua jajaran di perusahaan
  4. Menyeimbangkan tujuan masing-masing karyawan dengan visi misi perusahaan sehingga mampu bergerak bersamaan dalam mencapai tujuan perusahaan.
  5. Membantu para karyawan pada posisi manajerial untuk bisa mengelola bawahan mereka dengan cara yang lebih efisien.

Fokus Manajemen SDM

Dalam prakteknya, MSDM memiliki beberapa hal yang menjadi fokus, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Pemberian kompensasi
  • Perekrutan
  • Manajemen kinerja
  • Pengembangan perusahaan
  • Keselamatan karyawan
  • Kesehatan karyawan
  • Tunjangan karyawan
  • Motivasi kerja
  • Komunikasi
  • Administrasi dan pelatihan karyawan

Yang menjadi fokus MSDM meliputi semua aspek karyawan, mulai dari pengelolaan, penanaman budaya, pelatihan, serta komunikasi yang harus terjalin dengan baik antar karyawan.

Jika diterapkan secara efektif, MSDM dapat membuat perusahaan mencapai targetnya lebih cepat. Dengan penerapan MSDM, diharapkan HR mampu melakukan pemanfaatan karyawan secara strategis untuk memastikan karyawan dapat meningkatkan efisiensi mereka dan berkontribusi lebih untuk perusahaan.

Gunakan Konsultan Pajak Untuk Melaksanakan Kewajiban Perpajakan anda

Ketika anda melakukan kewajiban perpajakan mulai dari hitung, setor dan lapor. Kewajiban perpajakan tentu tidak bisa ditinggalkan, karena dengan adanya jasa konsultan pajak, anda akan memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Nah, seandainya anda kesulitan dalam melakukan kewajiban perpajakan, anda pun bisa saja menggunakan jasa konsultan pajak yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan.

Bagi anda yang tinggal di Depok, anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu anda memonitor sistem keuangan perusahaan anda. Kami adalah juga Jasa Konsultan Keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk anda.

FR Consultant Indonesia. Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak
Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "Berikut Implementasi serta Pengertian SDM dan MSDM Di Perusahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel