Peran Penting, Fungsi, dan Tugas HR Adalah? - Melek Payroll

Peran Penting, Fungsi, dan Tugas HR Adalah?

 Peran-Penting,-Fungsi,-dan-Tugas-HR-Adalah-?Peran Penting, Fungsi, dan Tugas HR Adalah?


Peran Penting, Fungsi, dan Tugas HR Adalah?

HR adalah bagian penting dari sebuah perusahaan. Mengelola HR di dalam sebuah perusahaan adalah kewajiban karena mempengaruhi kualitas sumber daya manusia di dalamnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa SDM juga merupakan aset yang harus dikelola dengan baik oleh perusahaan. Sehingga HR harus memiliki strategi-strategi tertentu dalam mengelola Sumber Daya Manusia ( SDM ) agar sebuah perusahaan dapat berkembang pesat.

Peran Penting serta Fungsi HR dalam Perusahaan Adalah Sebagai Berikut

Di awal sudah disebutkan bahwa peran HR adalah sebagai divisi yang bertugas mengelola karyawan. Namun saat ini, tanggung jawab HR sudah berkembang lebih luas daripada sekadar mencari dan merekrut karyawan baru ke perusahaan.

HR memiliki peran yang besar untuk meningkatkan kinerja suatu perusahaan. Mereka dapat membuat banyak aspek di dalam perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Berikut merupakan beberapa peran pentingnya yang wajib dilaksanakan di sebuah perusahaan.

1. Menyeleksi dan Merekrut Karyawan

Terkait dengan perannya dalam pengelolaan SDM, salah satu tugas utama HR adalah merekrut karyawan. Mereka akan bertugas mencari kandidat terbaik sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan pada posisi tertentu.

Tugas HR dimulai dari membuat deskripsi pekerjaan yang dibutuhkan, kemudian dilanjutkan dengan mem-posting lowongan di internet, menyaring CV yang masuk, wawancara, hingga ke proses negosiasi gaji dan pemberian kontrak kerja karyawan.

Mereka juga harus memiliki kemampuan untuk melihat potensi dari masing-masing kandidat yang melamar apakah sudah sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

2. Mengevaluasi Performa Karyawan

Meski pada prakteknya, penilaian kinerja karyawan dilakukan oleh semua karyawan, HR memiliki tugas untuk menyediakan mekanisme penilaiannya.

Mereka harus bisa memikirkan bagaimana bentuk penilaian performa yang efektif dan bermanfaat bagi karyawan. harus bisa memastikan bahwa evaluasi performa karyawan sudah dilakukan oleh semua karyawan.

3. Pemberian Kompensasi

Salah satu tugas HR adalah dalam hal kompensasi karyawan. Mereka harus memberikan kompensasi yang adil untuk semua karyawan agar mereka dapat meningkatkan performanya serta menurunkan tingkat turnover. Kompensasi yang baik dapat membuat karyawan lebih loyal terhadap perusahaan.

4. Memberikan Pelatihan pada Karyawan

Setiap karyawan memiliki hak untuk bisa mendapatkan pelatihan dari perusahaannya.

Dalam hal ini, pihak HR dapat memfasilitasi karyawan yang ingin mendapatkan pelatihan serta pengembangan keterampilan lewat sebuah program-program tertentu.

Nantinya, mereka bisa menentukan apakah harus mendatangkan pihak eksternal untuk memberikan pelatihan atau cukup dengan pihak internal saja.

5. Mengatur Kebijakan Perusahaan

Peran HR lainnya di dalam perusahaan adalah membuat kebijakan serta peraturan yang harus dipatuhi oleh semua karyawan.

Misalnya terkait absensi, HR dapat menentukan jam masuk karyawan, jadwal shft3bjmereka, hingga ke penalti atau hukuman yang diberikan bagi karyawan yang telat masuk ke kantor.

6. Menjadi Solusi bagi Permasalahan Karyawan

Salah satu peran lainnya dari HR adalah sebagai bagian dari konseling karyawan. Misalnya, ketika karyawan sedang bermasalah, ia dapat menjadi penengah dan bermediasi antara karyawan dan perusahaan.

Sehingga, mereka dapat menjembatani keduanya dan bisa jadi bagian dari solusi terhadap konflik tersebut. Ketika ada karyawan yang kurang puas terhadap keputusan terkait kontrak atau gaji yang menyangkut dirinya, HR juga bisa berperan untuk mendengarkan keluhan karyawan tersebut.

Nantinya, setelah karyawan mengutarakan pendapatnya, pihak serta perusahaan dapat memutuskan apakah keberatan karyawan tersebut bisa dipenuhi atau tidak.

Anda mungkin bisa menggunakan software akuntansi untuk membantu mengatasi masalah bisnis anda. Maka segala masalah dan kegagalan dalam bisnis anda dapat teratasi.

Gunakan Konsultan Pajak Untuk Melaksanakan Kewajiban Perpajakan anda

Ketika anda melakukan kewajiban perpajakan mulai dari hitung, setor dan lapor. Kewajiban perpajakan tentu tidak bisa ditinggalkan, karena dengan adanya jasa konsultan pajak, anda akan memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Nah, seandainya anda kesulitan dalam melakukan kewajiban perpajakan, anda pun bisa saja menggunakan jasa konsultan pajak yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan.

Bagi anda yang tinggal di Depok, anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu anda memonitor sistem keuangan perusahaan anda. Kami adalah juga Jasa Konsultan Keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk anda.

FR Consultant Indonesia. Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak
Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "Peran Penting, Fungsi, dan Tugas HR Adalah?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel