Inilah Perbedaan dari Karyawan PKWT dan PKWTT - Melek Payroll

Inilah Perbedaan dari Karyawan PKWT dan PKWTT

 

Inilah-Perbedaan-dari-Karyawan-PKWT-dan-PKWTT
Inilah Perbedaan dari Karyawan PKWT dan PKWTT

 

Inilah Perbedaan dari Karyawan PKWT dan PKWTT

Apa itu PKWT dan PKWTT? Baik PKWTT maupun PKWT adalah sebuah perjanjian kontrak kerja karyawan yang berlaku dan diterapkan di Indonesia. Kedua perjanjian ini sudah diatur di dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Selengkapnya Mengenai Perbedaan dari Karyawan PKWT dan PKWTT Adalah Sebagai Berikut

Apa Itu Pengertian PKWT Adalah?

Secara pengertian, PKWT atau Perjanjian Kerja Waktu Tertentu adalah perjanjian kerja yang mengikat karyawan dalam waktu tertentu. Umumnya, perusahaan memberlakukan PKWT kepada karyawan kontrak atau para pekerja lepas di mana perusahaan memberlakukan batas waktu untuk bekerja kepada karyawan.

Pemerintah telah mengatur tata cara pemberlakuan PKWT di dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan Pasal 59 ayat (1).

Berikut adalah beberapa aturan-aturan yang perlu Anda pahami terkait PKWT:

  • Perusahaan dapat memperbarui PKWT jika pekerjaan yang sedang dikerjakan oleh karyawan terkait belum dapat diselesaikan sesuai dengan tenggat waktu di perjanjian.
  • Pembaruan perjanjian dapat dilakukan setelah melebihi masa 30 hari setelah perjanjian kerja berakhir.
  • PKWT diberikan untuk pekerja musiman terkait satu jenis pekerjaan tertentu yang dikerjakan di musim tertentu.
  • PKWT juga bisa diberikan kepada karyawan kontrak yang sedang menjalani proses masa percobaan (probation) sebelum diangkat menjadi karyawan tetap.
  • Upah karyawan berdasarkan dari jumlah kehadiran
  • Jika karyawan sudah melewati masa percobaan selama 3 bulan, maka karyawan tersebut dapat diangkat menjadi karyawan tetap sesuai dengan keputusan perusahaan dan berubah menjadi PKWTT.

Apa Itu Pengertian PKWTT Adalah?

Meski terlihat serupa, namun pada prakteknya PKWT dengan PKWTT sangat berbeda. PKWTT adalah Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu yang diperuntukkan untuk para karyawan tetap.

Jika mengacu pada peraturan, PKWTT sudah diatur pada Pasal 60 ayat (1) UU Ketenagakerjaan dan hanya akan berakhir apabila karyawan sudah memasuki masa pensiun, meninggal dunia, atau mengajukan resign. Sehingga, karyawan yang terikat dengan PKWTT disebut sebagai karyawan tetap.

Biasanya, perusahaan tidak pernah menerapkan PKWTT langsung kepada karyawan baru. Pemerintah telah menetapkan bahwa perusahaan harus memberikan masa percobaan terlebih dahulu kepada karyawan baru selama 3 bulan, yang artinya menggunakan surat perjanjian PKWT.

Setelah masa percobaan tersebut berakhir, karyawan tersebut baru diangkat menjadi tetap dan menggunakan surat perjanjian PKWTT apabila karyawan tersebut dianggap sudah memenuhi syarat. Jadi, secara singkat berikut adalah perbedaan antara PKWT dengan PKWTT adalah sebagai berikut:

PKWT

  • Memiliki batas waktu perjanjian
  • Perusahaan tidak bisa melakukan masa percobaan
  • Jenis pekerjaan yang sifatnya hanya sementara dan satu kali selesai dan hanya bisa diterapkan paling lama 3 tahun. Jika karyawan diberhentikan atau masa kontraknya telah habis, ia tidak akan diberikan pesangon. Mengacu pada UU Cipta Kerja, perusahaan wajib membayar kompensasi apabila kontraknya diputus sebelum masa akhir kerja karyawan.
  • Harus memiliki perjanjian secara tertulis.

PKWTT 

  • Pekerjaan yang tidak memiliki batasan waktu
  • Perusahaan bisa melakukan masa percobaan atau probation terhadap karyawan
  • Tidak ada batasan waktu kontrak kerja
  • Jika karyawan diberhentikan atau dikenai PHK, perusahaan harus membayar uang pesangon kepada karyawan yang bersangkutan.
  • Perjanjian kerja bisa dibuat secara tertulis maupun lisan.

Anda mungkin bisa menggunakan software akuntansi untuk membantu mengatasi masalah bisnis anda. Maka segala masalah dan kegagalan dalam bisnis anda dapat teratasi.

Penjelasan Terkait Revisi PKWT pada UU Cipta Kerja Adalah Sebagai Berikut

Beberapa saat lalu, pemerintah Indonesia sudah mengesahkan undang-undang baru terkait ketenagakerjaan yakni Undang-Undang Cipta Kerja. Salah satu aturan yang direvisi oleh pemerintah dalam UU Cipta Kerja adalah aturan PKWT di perusahaan.

Pada revisi tersebut, pemerintah telah menghapus beberapa komponen pada kontrak PKWT yang pada awalnya terdapat dalam pasal 59 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Pada UU Cipta Kerja, salah satu aturan terkait PKWT telah direvisi adalah penghapusan masa maksimal kontrak pekerja yang semula diatur selama 3 tahun.

Jika sebelumnya, perusahaan harus mengangkat karyawan tersebut menjadi karyawan tetap apabila telah melewati masa 3 tahun dan tetap ingin mempekerjakannya. Kini peraturan tersebut dihapus oleh pemerintah lewat UU Cipta Kerja sehingga tidak ada batasan maksimal untuk karyawan dengan status kontrak.

Menurut pemerintah, hal ini dilakukan agar batasan kontrak maksimal bisa lebih fleksibel dan tidak memberatkan pengusaha. Ke depan, pengusaha bisa saja menetapkan status kontrak PKWT terhadap karyawan lebih dari 3 tahun.

Gunakan Konsultan Pajak Untuk Melaksanakan Kewajiban Perpajakan anda

Ketika anda melakukan kewajiban perpajakan mulai dari hitung, setor dan lapor. Kewajiban perpajakan tentu tidak bisa ditinggalkan, karena dengan adanya jasa konsultan pajak, anda akan memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Nah, seandainya anda kesulitan dalam melakukan kewajiban perpajakan, anda pun bisa saja menggunakan jasa konsultan pajak yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan.

Bagi anda yang tinggal di Depok, anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu anda memonitor sistem keuangan perusahaan anda. Kami adalah juga Jasa Konsultan Keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk anda.

FR Consultant Indonesia. Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak
Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "Inilah Perbedaan dari Karyawan PKWT dan PKWTT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel