Berikut Contoh Surat Keterangan Gaji, Penghasilan, dan Cara Membuatnya - Melek Payroll

Berikut Contoh Surat Keterangan Gaji, Penghasilan, dan Cara Membuatnya


Berikut-Contoh-Surat-Keterangan-Gaji,-Penghasilan,-dan-Cara-MembuatnyaBerikut Contoh Surat Keterangan Gaji, Penghasilan, dan Cara Membuatnya
 

Berikut Contoh Surat Keterangan Gaji, Penghasilan, dan Cara Membuatnya

Surat keterangan gaji merupakan surat yang diberikan oleh perusahaan untuk karyawan terkait detail komponen gaji yang mereka terima setiap bulannya. Biasanya, surat ini digunakan oleh karyawan untuk beberapa keperluan tertentu.

Misalnya, ketika mereka ingin meyakinkan pihak lain terkait gaji yang mereka terima. Biasanya, karyawan harus melampirkan surat keterangan gaji seperti saat mengajukan pinjaman, mengajukan KPR, dan lain sebagainya.

Sebelum mendapatkan surat ini, biasanya karyawan harus mengajukannya terlebih dahulu kepada perusahaan. Nantinya, perusahaan akan melampirkan surat keterangan tersebut yang dibuat khusus menyesuaikan keperluan karyawan.

Komponen yang Terdapat Pada Surat Keterangan Gaji

Sebetulnya, tidak ada ketentuan yang baku ketika perusahaan membuat surat keterangan penghasilan untuk karyawan. Namun yang terpenting adalah di dalam surat tersebut karyawan dapat melihat nominal gaji mereka secara detail.

Berikut Contoh Kompinen Isi Surat Keterangan Gaji, Penghasilan, dan Cara Membuatnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai isinya, berikut adalah komponen-komponen yang biasanya terdapat pada surat keterangan gaji karyawan:

Terdapat Rincian Gaji Karyawan

Hal paling umum dan terpenting dari surat keterangan gaji karyawan adalah rincian dari jumlah gaji yang diterima karyawan setiap karyawan.

Rincian tersebut terdiri dari beberapa komponen, di antaranya adalah gaji pokok, potongan PPh 21, serta tunjangan lainnya seperti uang makan, transportasi, pulsa, dan lain sebagainya. Sehingga jumlah akhir berupa pendapatan nett yang diterima karyawan setiap karyawan.

Disahkan oleh Pihak Perusahaan

Untuk membuat surat keterangan gaji menjadi sah, ia harus diketahui serta ditandatangani oleh pihak perusahaan. Dalam hal ini, biasanya bagian finansial serta HR lah yang bertanggungjawab mengesahkan surat tersebut.

Nantinya, di dalam surat ini akan mencantumkan nama dan jabatan dari pihak HR ataupun keuangan yang mengesahkan suratnya. Jangan lupa juga untuk melampirkan tanda tangan serta stempel perusahaan.

Mencantumkan Nama dan Jabatan Karyawan yang Mengajukan Surat

Selain dari pihak perusahaan, di dalam surat tersebut juga wajib dicantumkan nama lengkap serta jabatan pemohon surat. Hal ini untuk memberi keterangan bahwa benar karyawan tersebut memiliki gaji sebagaimana tercantum di surat tersebut.

Mencantumkan Tujuan Penggunaan Surat

Karena tujuan dari penggunaan keterangan gaji ini berbeda-beda untuk masing-masing karyawan, pihak HR selaku yang membuat surat ini juga harus mencantumkan penggunaannya. Misalnya untuk mengajukan visa atau mengajukan pinjaman. Dengan begitu, surat benar-benar digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Anda mungkin bisa menggunakan software akuntansi untuk membantu mengatasi masalah bisnis anda. Maka segala masalah dan kegagalan dalam bisnis anda dapat teratasi.

Apa Saja Fungsinya?

Berikut adalah beberapa fungsi dari surat keterangan gaji yang biasanya diajukan oleh karyawan ke perusahaan.

Pencairan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Meski umumnya karyawan mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan pada saat tidak bekerja atau pensiun, namun mereka juga bisa mencairkannya ketika masih bekerja.

Ketentuannya, mereka hanya bisa mencairkan 30% dari total keseluruhan dana JHT yang dimiliki. Biasanya, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan meminta slip gaji sebagai salah satu syarat yang harus dilampirkan ketika ingin melakukan pencairan dana.

Melamar Pekerjaan

Meski tidak semuanya, beberapa perusahaan mengharuskan para kandidat untuk turut melampirkan surat keterangan gaji mereka yang terbaru sebagai bagian dari proses verifikasi. Selain itu, lewat detail gaji karyawan tersebut, perusahaan juga bisa menentukan seberapa besar gaji mereka.

Pembuatan Visa

Beberapa negara mengharuskan warga negara Indonesia untuk melampirkan surat keterangan gaji sebagai salah satu syarat administrasi pembuatan visa. Syarat ini diterapkan untuk memastikan bahwa seseorang berkecukupan secara finansial untuk mengunjungi negara mereka.

Pengajuan Pinjaman atau Kartu Kredit

Sebelum menyetujui pengajuan, pihak bank membutuhkan seseorang untuk melampirkan surat keterangan gaji mereka untuk memastikan bahwa mereka dapat mengembalikan uang yang mereka pinjam sesuai dengan tenggat waktu dan syarat-syarat yang sudah disetujui sebelumnya.

Pendaftaran Beasiswa

Ketika seorang karyawan mengajukan beasiswa melalui jalur profesional, pihak universitas akan meminta surat tersebut ini sebagai salah satu syarat administrasi. Selain itu, dibutuhkan juga surat rekomendasi dari atasan sebagai syarat lainnya.

Contoh Surat Keterangan Gaji

Seorang karyawan dapat mengajukan permohonan surat keterangan gaji kepada pihak HR perusahaan. Meski tidak ada ketentuan terkait pembuatan suratnya, tapi Talenta akan memberikan contoh surat tersebut yang bisa Anda pakai sebagai referensi.

Surat Keterangan Penghasilan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Agung Sulistyo

Jabatan: Direktur Keuangan

Menerangkan bahwa karyawan berikut ini

Nama: Muhammad Simbadda

Jabatan: Staf Digital Marketing

Adalah benar merupakan karyawan PT Orangtua sejak April 2019 hingga saat ini. Ada pun perincian gaji Saudara Muhammad Simbadda setiap bulan, khususnya pada April 2021, adalah sebagai berikut:

Gaji Pokok: Rp8.000.000

Uang makan: Rp400.000

Transport: Rp200.000

Kesehatan: Rp100.000

Lain-lain: Rp250.000

Total Tunjangan: Rp8.250.000

Surat keterangan penghasilan ini dibuat untuk dipergunakan oleh yang bersangkutan sebagai syarat pengajuan pinjaman di bank.

Jakarta, 25 Mei 2021

Agung Sulistyo

Direktur Keuangan

 

Gunakan Konsultan Pajak Untuk Melaksanakan Kewajiban Perpajakan anda

Ketika anda melakukan kewajiban perpajakan mulai dari hitung, setor dan lapor. Kewajiban perpajakan tentu tidak bisa ditinggalkan, karena dengan adanya jasa konsultan pajak, anda akan memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Nah, seandainya anda kesulitan dalam melakukan kewajiban perpajakan, anda pun bisa saja menggunakan jasa konsultan pajak yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan.

Bagi anda yang tinggal di Depok, anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu anda memonitor sistem keuangan perusahaan anda. Kami adalah juga Jasa Konsultan Keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk anda.

FR Consultant Indonesia. Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak
Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

 

0 Response to "Berikut Contoh Surat Keterangan Gaji, Penghasilan, dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel