Tugas, Fungsi, dan Pengertian Manajemen Personalia - Melek Payroll

Tugas, Fungsi, dan Pengertian Manajemen Personalia

Tugas-Fungsi-dan-Pengertian-Manajemen-Personalia
Tugas, Fungsi, dan Pengertian Manajemen Personalia

Memahami Manajemen Personalia

Dalam sebuah perusahaan, peran manajemen personalia bisa dikatakan sangat besar, salah satu tugas manajemen personalia sendiri adalah merekrut karyawan dan mengembangkan potensinya agar dapat memiliki nilai yang membantu performa perusahaan. 

Sebagai bagian penting dari perusahaan, manajemen personalia juga memiliki peranan besar lainnya agar dapat mewujudkan visi misi perusahaan. Mereka harus bisa memilih orang dengan kompetensi dan keahlian yang dibutuhkan perusahaan. Sehingga bagian ini jadi sangat penting karena berkaitan dengan karyawan dan hubungan mereka di dalam perusahaan.

Perbedaan manajemen personalia dengan HRD

Mungkin sebagian besar orang beranggapan bahwa manajemen personalia itu sama dengan human resource development atau HRD. Memang benar bahwa fungsi keduanya berkaitan, namun secara prinsip, dua-duanya merupakan hal yang berbeda.

Pengertian manajemen personalia sendiri ada hubungannya dengan perencanaan serta seleksi karyawan. Tak sebatas itu, pelatihan, pengembangan, serta pemeliharaan sumber daya manusia yang tujuannya mencapai visi misi perusahaan juga termasuk dalam ruang lingkupnya. 

Sementara itu, perbedaan yang paling mendasar antara bagian personalia dengan HRD adalah ruang lingkup pekerjaanya. Ia juga lebih fokus kepada administrasi yang pada akhirnya mendukung jalannya fungsi HRD. Misalnya, ia memiliki tanggung jawab yang berhubungan pada peraturan karyawan, administrasi karyawan, hingga penyimpanan database karyawan.

Sementara HRD sendiri merupakan pekerjaan yang mengurusi hal-hal yang ada kaitannya dengan karyawan. Misalnya proses rekrutmen, pengembangan minat dan skill karyawan, mengadakan evaluasi kerja, hingga mengurus benefit karyawan.

tanpa adanya manajemen personalia, fungsi HRD di perusahaan tidak akan berjalan dengan maksimal. Karenanya keduanya saling berkaitan satu sama lain.

Penjelasan mengenai fungsi manajemen personalia

Secara fungsi, pengertian manajemen personalia dapat dibagi menjadi dua kategori, yakni fungsi manajemen dan fungsi operasional. Berikut pemaparan mengenai kedua fungsi tersebut.

Apa itu fungsi manajemen

Fungsi manajemen memiliki empat komponen yang akan menjadi parameter kesuksesan perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Keempat komponen tersebut adalah sebagai berikut.

1. Fungsi perencanaan (planning)

Fungsi perencanaan atau planning artinya manajemen personalia akan menentukan program serta fungsi-fungsi yang harus dijalankan oleh para karyawan. Hal ini nantinya bisa membantu mencapai tujuan perusahaan.

2. Fungsi Pengorganisasian (organizing)

Setelah membuat perencanaan dan menentukan fungsi-fungsi yang harus dipatuhi serta dijalankan masing-masing karyawan, selanjutnya adalah fungsi pengorganisasian.

Fungsi ini adalah cara untuk mewujudkan tujuan perusahaan melalui pengorganisasian tenaga kerja yang tepat, pengorganisasian karyawan yang telah terbentuk nantinya akan memperlihatkan hubungan vertikal serta horizontal antar karyawan dan divisinya.

3. Fungsi pengarahan (directing)

Selanjutnya adalah fungsi pengarahan atau directing kepada karyawan yang ada di perusahaan. Fungsinya adalah agar karyawan dapat bekerja sesuai dengan job desk masing-masing hingga mencapai efisiensi dalam perusahaan.

4. Fungsi pengawasan (controlling)

Yang terakhir dari fungsi manajemen adalah controlling atau pengawasan. Di sini, manajemen personalia akan melakukan pengawasan terhadap kinerja karyawan.

Ia juga akan melihat apakah aktivitas kerja di suatu perusahaan sudah sesuai rencana awal atau belum. Nantinya,  dapat melakukan perbaikan atau perubahan lain jika ada yang belum sesuai dengan tujuan perusahaan.

Apa itu fungsi operasional?

Setelah tadi kita membahas mengenai fungsi manajemen, kini kita akan membahas mengenai fungsi kedua dari manajemen personalia yakni fungsi operasional.

Fungsi ini menjelaskan berbagai aspek mengenai pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan, seperti pengadaan, pelatihan, serta pengembangan karyawan.

Berikut penjelasan lengkapnya mengenai fungsi operasional.

1. Pengadaan tenaga kerja (procurement)

Fungsi ini termasuk di dalamnya menyediakan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Nah, hal ini bisa dilakukan dengan mengadakan rekrutmen karyawan.

2. Pengembangan karyawan (training development)

Untuk bisa meningkatkan skill karyawan, manajemen personalia dapat menjalan fungsi pemgembangan karyawan.

Pengembangan bisa dilakukan dengan memberikan pelatihan yang berhubungan dengan skill yang dibutuhkan karyawan di bidangnya. Sehingga tugas mereka dapat dijalankan dengan baik.

3. Pemberian kompensasi (compensation)

Jika ada karyawan yang telah membuktikan kerja kerasnya dalam bekerja, manajemen personalia dapat memberikan kompensasi sebagai bentuk penghargaan.

4. Pengintegrasian (Integration)

Dalam fungsi pengintegrasian, manajemen personalia akan memastikan semua karyawan antara satu divisi dengan yang lain saling terintegrasi dan bisa bekerja sama dengan baik.

5. Pemeliharaan (Maintenance)

Pada fungsi ini, manajemen personalia harus memastikan kondisi karyawan. Mereka bisa memastikan kondisi karyawan, baik fisik maupun psikisnya, baik-baik saja.

Hal ini bisa dicapai dengan memberikan pelayanan serta benefit seperti fasilitas kesehatan dan konseling ke psikolog.

Apa saja tugas manajemen personalia?

Jika sebelumnya sudah disebutkan bahwa tugas manajemen personalia adalah lebih fokus kepada bagian administrasi suatu perusahaan, selanjutnya kita akan membahas secara spesifik apa saja tugasnya.

Pastinya bagian penting dari perusahaan ini berhubungan dengan sumber daya manusia atau karyawan di dalam sebuah perusahaan.

Tugas-tugas tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Melakukan proses rekrutmen calon karyawan dan memastikan bahwa skill mereka sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.
  • Menyusun anggaran yang berkaitan dengan calon karyawan yang nantinya dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Membuat perencanaan kerja bagi karyawan misalnya pekerjaan apa saja yang akan menjadi tanggung jawab karyawan serta spesifikasi pekerjaannya.
  • Menyimpan dan mengelola database karyawan serta aset perusahaan. Talenta sebagai salah satu software HRIS berbasis cloud yang memiliki fitur untuk mengelola database karyawan dan manajemen aset yang praktis.
  • Mengatur hal-hal terkait pengembangan skill karyawan
  • Mengatur sistem absensi karyawan
  • Mengatur kesejahteraan karyawan melalui sistem payroll karyawan, bonus, kompensasi, hingga pengaturan benefit karyawan lainnya.

Gunakan Konsultasi Manajemen Bisnis Untuk Melaksanakan Kewajiban di Perusahaan Anda

Ketika Perusahaan sudah dibangun dan sudah dapat berjalan. Dalam sebuah perusahaan, peran manajemen personalia bisa dikatakan sangat besar, salah satu tugas manajemen personalia sendiri adalah merekrut karyawan dan mengembangkan potensinya agar dapat memiliki nilai yang membantu performa perusahaan. 

Hal tersebut tentu tidak bisa ditinggalkan, karena dengan adanya Manajemen Personalia, visi misi perusaha anda dapat terwujud kan dengan adanya karyawan yang dipilih dengan kompetensi dan keahlian yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

Nah, seandainya anda kesulitan dalam melakukan tugas anda, anda pun bisa saja menggunakan jasa Konsultasi manajemen bisnis, pembukuan pengelolaan bisnis yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan.

Bagi anda yang tinggal di Depok, anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu anda memonitor sistem keuangan perusahaan anda. Kami adalah juga Jasa Konsultan Keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk anda.

FR Consultant Indonesia. Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak
Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "Tugas, Fungsi, dan Pengertian Manajemen Personalia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel